Optimalisasi Potensi Ekonomi Desa, Pemdes Bolo Akan Bentuk Pengurus BUMDes Baru -->
Cari Berita

iklan 970x90 px

Optimalisasi Potensi Ekonomi Desa, Pemdes Bolo Akan Bentuk Pengurus BUMDes Baru

TalkingNewsNTB.com
11 Oktober 2024

 

Foto: Kades Bolo Drs. Muhtar H. Idris.

Bima, TalkingNEWSntb.com -- Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Bolo, Kecamatan Madapangga, akan segera dibentuk ulang (peremajaan). Hal ini dilakukan mengingat BUMDes yang lama masih dalam proses audit Inspektorat.  


"Terkait BUMDes lama kami masih menunggu Laporan Hasil Pemeriksaan Inspektorat. Sembari menunggu hal itu, kami akan membentuk BUMDes baru dan akan segera mengadakan rapat pembahasan dengan lembaga-lembaga Desa," ujar Kepala Desa Bolo, Drs. Muhtar H. Idris, Jum'at (11/10/2024). 


Dengan terbentuknya BUMDes yang baru, Kades berharap demi mewujudkan kemandirian ekonomi Desa. Hal ini bertujuan untuk menjawab persoalan klasik yang ada di Desa, yakni masih rendahnya kesejahteraan masyarakat. 


"Sebagai persiapan awal, kami sudah siapkan anggaran senilai Rp. 25 juta untuk dikelola. Kalaupun anggaran dari BUMDes lama dikembalikan, nanti akan diserahkan ke BUMDes yang baru sebagai modal tambahan," ungkapnya. 


Lanjut Beliau, pembangunan ekonomi lokal nantinya akan menjadi gagasan untuk mewujudkan kemandirian ekonomi Desa. Pembangunan ekonomi lokal dapat diwujudkan melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). 


"Saat ini BUMDes menjadi perhatian besar pemerintah sebagai solusi untuk meningkatkan kegiatan ekonomi Desa. Selain sebagai lembaga ekonomi, BUMDesa juga diharapkan menjadi lembaga sosial yang dapat menyediakan pelayanan sosial kepada masyarakat," pungkasnya. (Gufran)