Tim LAFKI Survei Akreditasi Puskesmas Madapangga -->
Cari Berita

iklan 970x90 px

Tim LAFKI Survei Akreditasi Puskesmas Madapangga

TalkingNewsNTB.com
27 November 2023

 

Foto: Tim LAFKI saat meninjau Puskesmas Madapangga.


Bima, TalkingNEWSntb.com -- Sebagai salah satu fasilitas kesehatan tingkat pertama yang difungsikan sebagai garda terdepan dalam melayani masyarakat, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dituntut untuk memberikan fasilitas yang bermutu serta kualitas pelayanan terbaik.


Dalam upaya mewujudkan hal itu, Puskesmas Madapangga Kabupaten Bima mendapat kunjungan tim surveyor dari Lembaga Akreditasi Fasilitas Kesehatan Indonesia (LAFKI) yang dipimpin dr. Faturahman dan Muhlisan, S.Km.


Kehadiran LAFKI tersebut tiada lain untuk menilai mutu (Fasilitas) dan kualitas pelayanan Puskesmas Madapangga yang diterapkan. Dengan implementasi standar akreditasi, tentunya akan menjamin manajemen puskesmas, penyelenggaraan program kesehatan, dan pelayanan klinis terlaksana secara berkesinambungan.


Kepala Puskesmas Madapangga H. Syafrudin ST. Kep menjelaskan, penilaian ini dilaksankan selama tiga hari, yakni Selasa (21/11/23), Senin-Selasa (27-28/11/23). Hari pertama dilaksanakan via Zoom meting dengan agenda menelaah dokumen sekaligus revisi dokumen yang diapload oleh tim LAFKI.


"Untuk hari kedua ini, tim LAFKI langsung turun lapangan dalam rangka pemeriksaan fisik, baik fasilitas, mutu pelayanan dan lain-lain," jelas Syafrudin ST. Kep di sela-sela penilain LAFKI, Senin (27/11/23).


Sedangkan hari terakhir Selasa besok, lanjutnya, tim penilai akan mengecek peranan serta lintas sektor dalam keterlibatan masyarakat sebagai upaya peningkatan mutu pelayanan.


"Contohnya seperti pelayanan Posyandu, Pustu, pelayanan pemeriksaan balita, ibu hamil, stunting dan sebagainya," terang Kepala Puskesmas Madapangga.


Untuk diketahui, tambahnya, tujuan diberlakukan akreditasi yang dimaksud, dalam rangka memastikan pelayanan sesuai standar. Akreditasi ini, papar Syafrudin, terdiri dari beberapa tingkatan diantaranya yakni akreditasi tingkat dasar, Madya, Utama dan Paripurna.


Selain itu, akreditasi juga dimaksudkan untuk membina puskesmas dan fasilitas pelayanan kesehatan primer dalam upaya untuk berkelanjutan memperbaiki sistem pelayanan dan kinerja yang berfokus pada kebutuhan masyarakat, keselamatan, dan manajemen risiko.


"Penilain ini kami harap dilakukan secara obyektif. Semoga hasilnya nanti mendapat angka yang maksimal," pungkasnya.


Sementara itu, agenda Re-akreditasi Puskesmas Madapangga tersebut akan dilanjutkan sampai Selasa (28/11/23). (Agus)