SMAN 1 Dompu Sabet Juara pada Turnamen Futsal Tingkat SMA/SMK di Bima -->
Cari Berita

iklan 970x90 px

SMAN 1 Dompu Sabet Juara pada Turnamen Futsal Tingkat SMA/SMK di Bima

TalkingNewsNTB.com
22 November 2022

 

Foto: Tim Futsal-A SMAN 1 Dompu dan (berdiri kanan) Pembina Futsal Feri Fajrin,S.Pd usai menerima hadiah sebagai Runner up.


Dompu, TalkingNEWSntb.com -- Bukan lagi rahasia memang, bahwa SMAN 1 Dompu merupakan sekolah yang banyak mencetak generasi unggul dan prestasi. Hal itu terbukti dengan sederat piagam yang dicapai oleh Siswa-Siswi setiap tahunnya. Baik di bidang Olahraga, Sains, Seni Budaya dan lain sebagainya. Sehingga tidak berlebihan, jika SMAN 1 Dompu disebut sebagai sekolah favorit.


Baru baru ini, Tim Futsal SMAN 1 Dompu kembali menorehkan prestasi pada turnamen Futsal tingkat SMA/SMK se Kota/Kabupaten Bima dan Dompu yang diselenggarakan oleh SMAN 1 Woha-Bima.


Pada Turnamen tersebut, Tim Futsal SMAN 1 Dompu berhasil keluar sebagai juara II pada laga final melawan Tim tuan rumah SMAN 1 Woha, Senin (21/11/22) kemarin. Pertandingan yang berlangsung sengit itu berakhir dengan skor 2-3, kemenangan bagi tuan rumah. 


Meski pada turnamen tahun ini keluar sebagai juara II, Tim Futsal SMAN 1 Dompu tetap mendapatkan apresiasi dan pujian dari Kepala Dikmen Provinsi NTB wilayah Dompu Muhamad Ikhsan, S.Pd. 


"Alhamdulilah tim futsal kita keluar sebagai Runner Up. Tentunya capaian ini harus diapresiasi, sebagai salah satu cara dalam membangun mental dan semangat siswa agar terbentuk karakter yang kompetitif," tutur Muhammad Ikhsan, S.Pd, Selasa (22/11/22) yang juga menjabat sebagai PLT SMAN 1 Dompu ini. 


Foto: Kepala Dikmen Provinsi NTB wilayah Dompu Muhamad Ikhsan, S.Pd, yang juga sebagai PLT SMAN 1 Dompu.

Pria yang dikenal ramah dan akrab dengan siswa/siwinya ini lebih jauh menjelaskan, bahwa torehan yang dicapai anak didiknya itu, seakan kembali mengulang sejarah lama. Bahwa beberapa tahun terakhir, Tim Futsal SMAN 1 Dompu sempat merajai turnamen Futsal tingkat pelajar di Wilayah Kota/Kabupaten Bima dan Dompu. Hal itu, tidak terlepas dari dukungan dari pihak sekolah dalam memberikan pembinaan serta latihan rutin. 


"Tahun ini, SMAN 1 Dompu telah mendatangkan pelatih baru (Anis). Kebetulan beliau merupakan salah satu pemain futsal Nasional (PON)".


"Dan sebagai Kepala Dikmen, saya pribadi merasa bangga. Karena pada turnamen itu, juara tiga dan empat semuanya dari Dompu. Yakni SMAN 1 Woja dan SMAN 1 Manggelewa. Artinya mereka mampu mengalahkan club' di Kota/Kabupaten Bima," tambah Muhammad Ikhsan. 


Pada turnamen itu juga, SMAN 1 Dompu mengutus empat club'. Namun pada setiap pertandingan, kata dia, tentu ada tim yang tangguh dan kurang tangguh. 


"Nah, kebetulan tim yang tangguh masuk final. Dan yang kurang tangguh ini memang tetap didaftarkan agar mereka terbiasa dengan turnamen, sehingga ke depan bisa meraih juara," terangnya. 


Di bidang olahraga, kata dia, tak hanya tim futsal. Dua bulan yang lalu Tim Basket Putra-Putri SMAN 1 Dompu juga berhasil meraih juara I pada dua turnamen yang berbeda. Yakni di Bima dan Sumbawa.


Artinya, secara keseluruhan kegiatan siswa-siswi di berbagai bidang, akan didukung sepenuhnya dengan akses dan fasilitas yang layak. Bahkan di setiap kompetisi apapun, pihak sekolah mendatangkan pelatih khusus untuk memberikan pembinaan bagi peserta didik, Sehingga mampu meraih prestasi sesuai yang diharapkan bersama. 


"Seperti tim Basket kemarin, mereka minta ijin latihan sore dan malam, kami ijinkan. Artinya, dalam berbagai event dan lomba, kita tetap mensupourt baik secara moril dan materil. Salah satunya dengan mendatangkan langsung pelatih-pelatih profesional di bidangnya. Baik itu Futsal, Basket, Sains, Pidato dan lain lain," ujar Muhammad Ikhsan. 


Sebagai Kepala Dikmen, beliau berharap kepada seluruh Kepala SMA/SMK di Kabupaten Dompu untuk tetap mendukung segala bentuk minat-bakat dan kreativitas peserta didik yang beroreantasi pada prestasi. Dengan memberikan ruang dan akses yang memadai. 


"Dengan begitu, siswa-siswi dapat disibukan dengan berbagai kegiatan ekstra kurikuler, di samping aktivitas reguler. Sehingga dapat terhindar dari tindakan serta perbuatan yang tidak diinginkan," harapnya. 


Terpisah, Kapten Tim Futsal-A SMAN 1 Dompu Moh Fadillah Rama D mengaku bangga atas capaian yang diraih bersama rekan-rekannya itu, meski keluar sebagai Runner up. Namun keberhasilan tersebut, tidak kemudian membuatnya merasa puas. Karena untuk mencapai hasil yang maksimal serta konsistensi mempertahankan gelar juara, tentu harus dibarengi dengan latihan rutin. 


"Alhamdulilah kita juara II, tapi ini tidak membuat kita merasa puas. Kami terus akan  berlatih untuk mendapatkan hasil yang baik".


"Bahkan kita sudah punya pelatih baru (Anis) pemain Futsal Nasional. Jadwal latihan kita, 2 kali seminggu," ucapnya singkat. (Khan)


Editor: Agus